Return to site

Cerita Komunitas #6

· Cerita Komunitas,Blog

“Saya akan selalu berusaha yang terbaik untuk meraih mimpi-mimpi demi membanggakan orang tua yang telah berada di surga dan keluarga yang telah mendukung hingga sekarang”

Sebagai seorang perantau, Arifah memiliki semangat yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan tinggi meskipun jauh dari kampung halamannya di Bengkulu. Saat ini Arifah tercatat sebagai mahasiswa aktif di Jurusan Manajemen di Institut Pertanian Bogor. Ia percaya bahwa niatnya merantau untuk berpendidikan tinggi di kampus idaman akan membuahkan hasil suatu saat nanti. Terlebih lagi status menjadi seorang yatim piatu tak membuat ia berputus asa untuk semangat menggapai mimpi-mimpinya. Menjalankan kuliah dengan baik merupakan salah satu cara bagi Arifah untuk membahagiakan kedua orangtuanya yang telah berada di surga serta membanggakan keluarganya yang telah banyak mendukung Arifah hingga sekarang.

Bagi Arifah, kuliah tidak hanya tentang belajar di kelas, melainkan merupakan wadah baginya untuk berkembang secara pribadi, agar bisa berpartisipasi dan berkontribusi secara aktif di lingkungan sekitar.

Keterlibatannya menjadi anggota di Paduan Suara Mahasiswa Institut Pertanian Bogor membuat Arifah banyak belajar tentang dunia organisasi. Ia banyak belajar tentang cara mengelola berbagai kegiatan kampus dengan terlibat di berbagai kepanitiaan, salah satunya pernah menjadi Sekretaris Acara di Student Choir Agria Swara Institut Pertanian Bogor Tahun 2017. Selain bisa mengembangkan skillnya, organisasi juga menjadi wadah bagi Arifah untuk memiliki jejaring pertemanan yang luas. Oleh karena itu, ia juga aktif mengikuti kegiatan volunteering di luar kampus seperti di Hamada Foundation dan Indonesian Youth Conference 2017. Kemauan yang keras untuk berkembang membuat Arifah berhasil menjadi delegasi terpilih di International Exchange of Young Business Leaders 2018 di Singapura yang diselenggarakan oleh AFSEC Education. Selain itu, Arifah juga terpilih untuk mengikuti serangkaian acara di International Youth Leader Exchange 2018 di Malaysia yang diselengarakan oleh CV International Youth Leader.

Cerita Komunitas #6 - Arifah | Dana Cita - Pinjaman Pendidikan Terjangkau

Aktif berjejaring di berbagai kegiatan dalam kampus maupun luar kampus membuat Arifah semakin memahami tentang peran pemuda yang harus bisa memberi kebermanfaatan di lingkungan sekitar. Ketika mengetahui keberadaan Dana Cita melalui Instagram, Arifah langsung meyakini bahwa kehadiran Dana Cita sebagai platform yang menyediakan pinjaman dana pendidikan terjangkau dapat menjadi salah satu solusi untuk membantu teman-temannya yang masih banyak terkendala dalam biaya kuliah. Pernah menemui beberapa mahasiswa yang mendadak cuti kuliah dikarenakan tak mampu membayar biaya kuliah membuat Arifah yakin bahwa menjadi Campuss Ambassador di Dana Cita merupakan salah satu cara baginya untuk memberikan kebermanfaatan di lingkungan sekitar khususnya membantu teman-temannya agar tetap melanjutkan pendidikan tinggi.

Cerita Komunitas #6 | Dana Cita - Pinjaman Pendidikan Terjangkau

Arifah dan beberapa Campus Ambassador Dana Cita

Bukan hanya di dalam kampus, Arifah juga aktif menyebarluaskan info tentang Dana Cita kepada teman-temannya di kampung halamannya, Bengkulu. Berangkat dari cerita teman-temannya di kampung halaman yang masih ragu melanjutkan pendidikan tinggi di Pulau Jawa lantaran menganggap biaya kuliah sangat mahal, ia ingin meyakinkan teman-temannya bahwa banyak alternatif yang dapat digunakan untuk meringankan biaya kuliah seperti tersedia berbagai beasiswa dan tentunya dengan kehadiran Dana Cita yang bisa menjadi solusi alternatif untuk memberikan pinjaman pendidikan dengan angsuran yang sangat terjangkau.

Sesuai dengan tagline Dana Cita #BebaskanMimpimu, Arifah ingin semua orang di sekitarnya untuk berani bermimpi mewujudkan cita-cita melalui pendidikan tinggi.

Tertarik dengan dunia kewirausahaan membuat Arifah memiliki mimpi untuk mendirikan bisnis fashion dengan brand sendiri suatu saat nanti. Bahkan sejak mengenyam pendidikan di sekolah dasar, Arifah sudah belajar melakukan transaksi jual beli dengan berjualan berbagai jenis mainan kepada teman-temannya di sekolah. Walau memperoleh untung tak seberapa, ia sangat bangga ketika dulu bisa membeli hadiah kado untuk orang tuanya dengan menggunakan uang sendiri. Begitupun hingga memasuki dunia perkuliahan, Arifah sangat senang berwirausaha dengan berjualan berbagai kebutuhan kuliah di kelas, membuka jasa sewa kamera, maupun menitipkan barang dagangannya di Koperasi Mahasiswa Jurusan Manajemen Institut Pertanian Bogor. Ia tetap berusaha untuk menjadi seorang yang mandiri sesuai nasihat almarhum ayahnya dulu yang selalu berpesan untuk mandiri dan terus semangat belajar.

“Lakukan yang terbaik, percayalah suatu saat kau akan bersinar” merupakan motto hidup yang selalu ia emban dalam setiap langkah untuk meraih mimpi-mimpinya.

Arifah berkomitmen untuk membanggakan kedua orang tuanya yang telah tenang di surga dan seluruh keluarga yang telah mendukungnya bahwa ia bisa sukses suatu hari nanti. “Saya akan selalu berusaha yang terbaik untuk meraih mimpi-mimpi demi membanggakan orang tua dan keluarga yang telah mendukung hingga sekarang” ungkapnya.

PS : Kami akan rutin memuat tulisan #CeritaKomunitas. Kami bangga akan komunitas kami dan dengan senang hati ingin menyebarkan pesan-pesan inspiratif dari komunitas kami ini!

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly