Return to site

Cerita Komunitas #7

· Blog,Cerita Komunitas

“Saya percaya bahwa melanjutkan pendidikan tinggi merupakan salah satu langkah awal bagi saya dalam meraih cita-cita" - Boyke

Catatan penulis : Ada pendapat yang umum berlaku di masyarakat, ketika seorang sudah terjun ke dunia kerja, impian melanjutkan pendidikan menjadi terbengkalai. Baca lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana Boyke - sosok di #CeritaKomunitas kita kali ini berpendapat berbeda tentang hal ini.

Sebagai generasi pertama yang menempuh pendidikan tinggi di keluarganya (first generation college), Boyke memiliki semangat yang tinggi untuk bisa mencicipi bangku kuliah. Saat ini, Boyke tercatat sebagai mahasiswa S1 Jurusan Teknik Industri di Universitas Darma Persada, Jakarta Timur. Boyke dikenal aktif menggeluti hobinya di bidang olahraga futsal dan taekwondo sejak menjadi siswa di SMK Perguruan Cikini Jurusan Teknik Otomotif. Hobi tersebut mengantarkan ia mencapai beberapa prestasi seperti pernah meraih medali emas di Kejuaraan Daerah Taekwondo RACATA Club se-Jabodetabek Tahun 2010 dan medali perak di Jaguar Taekwondo Festival yang diselenggarakan oleh Jaguar Club di Gor POPKI Cibubur Tahun 2014, serta Juara 3 Turnamen Futsal Expo U19 Tahun 2013.

Boyke sempat menghadapi rintangan besar untuk mewujudkan mimpi pendidikan tingginya tersebut, dimana ia membutuhkan waktu empat tahun setelah lulus dari SMK untuk akhirnya bisa melanjutkan pendidikan tinggi. Ketika itu, ia pernah diterima di salah satu universitas, namun lantaran tak sanggup membayar biaya perkuliahan - yang harus dibayarkan sekaligus di muka - membuat ia terpaksa mengurungkan niatnya untuk kuliah. Tantangan biaya membuat Boyke akhirnya memutuskan bekerja setelah lulus SMK untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.

Empat tahun bekerja justru semakin menegaskan bahwa pendidikan tinggi sangat penting bagi Boyke untuk meningkatkan pengetahuan, skill, selain tentunya kesempatan untuk karir yang lebih baik. At some point, Ia berpikir bahwa mengejar cita-citanya untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi harus dilanjutkan lagi.

Sejak mengetahui tentang Dana Cita sebagai platform pinjaman dana pendidikan dari temannya yang juga merupakan peminjam dana pendidikan di Dana Cita, Boyke langsung percaya diri untuk kembali mendaftar di perguruan tinggi. Proses pinjaman tanpa agunan dan cara pengajuan pinjaman yang mudah dan simpel membuat Boyke semakin percaya bahwa Dana Cita hadir sebagai salah satu jalan baginya untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Disaat teman-temannya telah memiliki gelar sarjana, ia berpikir bahwa tidak ada kata terlambat bagi seseorang untuk melanjutkan pendidikan. Terlebih lagi keinginan untuk melanjutkan kuliah juga merupakan keinginan almarhum ayahnya sejak lama. Hal ini membuat Boyke memiliki motivasi yang kuat untuk berpendidikan tinggi agar nantinya bisa menjadi orang yang sukses dan membanggakan keluarganya.

Cerita Komunitas 7 - Boyke | Dana Cita - Pinjaman Pendidikan Terjangkau

Boyke telah menerima manfaat pinjaman dana pendidikan dari Dana Cita dari awal masa perkuliahaan hingga sekarang telah memasuki semester dua. Selain aktif mengikuti perkuliahan, Boyke juga bekerja part-time sebagai driver ojek online untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Berawal dari pengamatannya terkait banyaknya pengguna helm untuk kendaraan bermotor, Boyke memiliki mimpi untuk mendirikan bisnis jasa pencucian helm yang memiliki banyak cabang di Indonesia suatu saat nanti. Sejalan dengan jurusan perkuliahannya - Teknik Industri, Boyke juga bercita-cita untuk bekerja di perusahaan manufaktur di Indonesia untuk menerapkan pengetahuan dan skill yang dimiliki setelah kuliah nanti. Ia percaya bahwa melanjutkan pendidikan tinggi merupakan salah satu langkah awal baginya untuk meraih cita-cita tersebut. Boyke juga merasa bersyukur atas kehadiran Dana Cita yang hadir sebagai solusi bagi mahasiswa yang masih banyak terkendala dalam hal pembiayaan kuliah.

“Semoga kedepannya lebih banyak lagi mahasiswa yang terbantukan oleh Dana Cita dalam hal pembiayaan kuliah untuk meneruskan pendidikan tinggi” tuturnya.

PS : Kami akan rutin memuat tulisan #CeritaKomunitas. Kami bangga akan komunitas kami dan dengan senang hati ingin menyebarkan pesan-pesan inspiratif dari komunitas kami ini!

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly