Return to site

Liputan - How to Think Creatively - Design Thinking 101

· News

Dana Cita hadir dengan visi besar untuk memperluas akses pendidikan tinggi untuk semua anak Indonesia. Lebih jauh lagi, kami hadir agar semua anak Indonesia berani bermimpi dan mengejar impiannya setinggi langit. Untuk mencapai visi tersebut, Dana Cita merasa bahwa solusi pembiayaan pendidikan juga harus diiringi dengan berbagai program pengembangan bagi semua komunitas kami. Setelah sebelumnya telah terselenggara Visual Communication workshop, maka kali ini Dana Cita kembali mengadakan workshop tentang Creative Thinking.

Workshop dengan tema "How to Think Creatively - Design Thinking 101" ini diselenggarakan di Tokopedia Tower (14-15 Juli 2018). Acara ini terselenggara atas kerja sama antara Dana Cita dengan C2B: Classroom to Boardroom. Adapun Fasilitator utama dari kegiatan ini adalah Ketty Lie, yang saat ini juga sedang menempuh pendidikan lanjut di Harvard Business School dan Harvard Kennedy School. Sebelumnya, Ketty bekerja di berbagai sektor dari impact investing sampai dengan fundraising dengan NGO microfinance di Singapura. Ketty sendiri adalah salah satu pendiri C2B: Classroom to Boardroom, inisiatif program leadership dan entrepreneurship training untuk anak-anak muda Indonesia.

Workshop Creative Thinking kali ini dihadiri oleh 15 peserta yang merupakan bagian dari komunitas kami, khususnya beberapa Campus Ambassador. Untuk anggota komunitas kami yang lain, stay tuned ya untuk acara serupa yang akan rutin kami selenggarakan!

People said that one picture can tell many stories. So, we'll share our stories through pictures!

Ide yang muncul | Dana Cita - Pinjaman Pendidikan Terjangkau

Lots of ideas!

Creative Thinking Workshop | Dana Cita - Pinjaman Pendidikan Terjangkau

Salah satu Campus Ambassador kami, Mia, sedang mempresentasikan hasil diskusi kelompok mereka.

Tom Schmittzehe | Dana Cita - Pinjaman Pendidikan Terjangkau

Juri spesial kami hari ini : Tom Schmittzehe. Thanks Tom sudah mau berbagi!

Our best performing team | Dana Cita - Pinjaman Pendidikan Terjangkau

Selamat untuk tim terbaik dalam workshop kali ini!

Dari kiri ke kanan : Tom Schmittzehe - Susli Lie - Nabila - Firdaus - Fariz - Ketty

Di akhir kegiatan, Ketty mengungkapkan betapa pentingnya Workshop Creative Thinking bagi anak muda. Ia mengatakan bahwasanya kita sering terpaku dengan solusi yang telah ada, sementara masalah-masalah baru terus muncul, sedangkan masalah lama masih belum terpecahkan. Maka dari itu, inovasi dan berpikir kreatif sangat dibutuhkan untuk memecahkan berbagai masalah yang ada. Terlebih lagi, Indonesia dengan populasi penduduk dengan peringkat empat terbesar di dunia menjadi peluang yang sangat besar bagi anak muda Indonesia untuk terus berinovasi dalam menemukan ide-ide kreatif dalam memecahkan masalah di lingkungan sekitar.

“Saya ingin membantu anak muda Indonesia untuk lebih kreatif dalam berinovasi ataupun menemukan solusi-solusi baru yang belum terpikirkan sebelumnya, salah satunya melalui Workshop Creative Thinking ini” ungkap Ketty.

Selain itu, antusiasme dalam mengikuti seluruh rangkaian kegiatan juga tampak dari para peserta workshop. Nabila Safira, salah satu mahasiswa di Institut Pertanian Bogor juga mengaku sangat merasakan manfaat dari workshop kali ini. Ia merasa bahwa workshop creative thinking menuntun ia untuk bisa berpikir kreatif dalam menemukan akar utama dari satu permasalahan diiringi dengan solusi yang riil. “Semoga acara seperti ini semakin sering diadakan” tutur Nabila.

Peserta Creative Thinking Workshop | Dana Cita - Pinjaman Pendidikan Terjangkau

Peserta dan fasilitator berfoto bersama. Sampai jumpa di kesempatan berikutnya!

Kami berharap workshop ini dapat menjadi wadah pengembangan bagi Komunitas Dana Cita sehingga dapat menjadi agen pembawa perubahan di lingkungan sekitar. So, Jadilah bagian dari Komunitas Dana Cita untuk terus merasakan manfaat solusi pembiayaan dan wadah pembinaan bagi anggota komunitas kami. Untuk para pelajar yang ingin menjadi mitra kami dalam menyebarluaskan solusi pinjaman pendidikan Dana Cita, tunggu sebentar lagi untuk kehadiran program Campus Ambassador 2.0 ya!

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly