Return to site

Productivity Hack #1

Tips for working smarter.

· Productivity,Tips,Blog

EISENHOWER MATRIX

Apakah kamu merasa selalu sibuk tapi tetap resah karena masih banyak tugas yang belum selesai? Apakah checklist kamu selalu bertambah panjang meskipun kamu sudah bekerja sampai larut malam, terkadang weekend juga hilang? 

Permasalahan ini dialami oleh banyak orang terutama mahasiswa dan mereka yang baru terjun ke dalam dunia kerja. Dalam blog series "Productivity Hack" ini, kami ingin memberikan beberapa tips seputar produktivitas yang semoga dapat membantu kamu lebih produktif dalam kegiatan kuliah, kerja, dan juga aktivitas sosial dan keluarga!

Pertama, kita harus memulai dengan satu kata yaitu "prioritas". Seringkali kendala utama yang mengakibatkan pekerjaan tidak selesai adalah kurangnya perencanaan di awal dan pola pikir yang menganggap bahwa setiap tugas sama pentingnya. Dengan bantuan Eisenhower Matrix, kita dapat menggolongkan setiap tugas sesuai dengan dua kategori: "Urgent" dan "Important" dalam empat kuadran. Eisenhower Matrix dinamakan sedemikian rupa karena konon salah satu presiden Amerika Serikat dari tahun 1953 sampai 1961, Dwight D. Eisenhower, menggunakan prinsip ini untuk mengutamakan tugas-tugas beliau sebagai jenderal, komandan, dan presiden.

Eisenhower Matrix menggolongkan setiap tugas dalam salah satu dari empat kotak seperti dibawah ini:

Di bawah adalah contoh hal dan tugas untuk setiap kuadran. 

KUADRAN 1: DO FIRST

Ini adalah tugas dan hal yang tidak dapat ditunda dan harus diutamakan dalam jadwal hari ini, seperti proyek yang akan jatuh tempo, keadaan darurat, tagihan yang segera akan didenda, dan lain-lain. Tugas yang jatuh dalam golong ini biasanya sulit dihindari dan akan sangat jelas menuntut waktu kamu.

KUADRAN 2: SCHEDULE

Ini adalah hal-hal penting yang seringkali tidak ada deadline ataupun diwajibkan oleh pihak eksternal seperti tugas kantor atau kuliah. Namun, hal-hal yang tergolong dalam Kuadran 2 biasanya adalah hal-hal yang dalam jangka panjang merupakan yang terpenting dan jika diutamakan, akan memberikan imbalan yang terbesar bagi kamu sebagai individu. Ibarat investasi jangka panjang, hal-hal seperti olahraga, meditasi, analisa, dan investasi keuangan bisa membuat kamu jauh lebih sukses. Pastikan kamu menjadwalkan hal-hal dalam kuadran ini di dalam kalendarmu!

KUADRAN 3: DELEGATE

Tugas-tugas yang mendesak namun sebetulnya tidak terlalu penting, seperti hal-hal administrasi, biasanya suka kita lakukan karena membuat kita merasa penting (istilahnya, "busy work"). Tugas-tugas ini, jika bisa, harusnya diberikan kepada rekan kerja atau anggota lain dalam tim kamu. Jika tidak memungkinkan, pastikan kamu telah memprioritaskan Kuadran 1 dan 2 terlebih dahulu.

KUADRAN 4: DON'T DO

Hal-hal seperti nonton TV, cek sosial media, gosip, dan kegiatan serupa sebaiknya dihindari terutama pada jam-jam kerja atau kuliah. Kuadran ini hanya akan membuang waktu kamu yang sangat berharga.

Semoga tips-tips di atas membantu kamu untuk memprioritaskan berbagai tugas dan mencapai produktivitas maksimal!

Simak TEDEd video mengenai Eisenhower Matrix (in English).

Ikuti blog selanjutnya untuk tips-tips baru!

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly