Return to site

Productivity Hack #2

Tips for working smarter.

· Productivity,Tips,Blog

TIME MANAGEMENT

Setelah mempelajari bagaimana cara memprioritaskan tugas dengan prinsip Eisenhower Matrix (Productivity Hack #1), dalam blog ini kami ingin membagi tips mengenai cara-cara efektif untuk mengatur waktu kamu (time management).

Ada banyak strategi time management dan setiap orang pasti akan memiliki kesukaan masing-masing sesuai cara bekerja mereka. Namun, dalam blog ini kami ingin menyajikan prinsip-prinsip dan tiga tools yang boleh kamu coba untuk mengatur waktu secara optimal.

PRINSIP

1. PLAN

Mulailah hari atau minggu kamu dengan perencanaan yang jelas. Malam sebelumnya atau setiap hari Minggu, sisihkan waktu untuk merencanakan satu (atau tujuh) hari ke depan. Gunakan buku agenda atau kalender online (seperti Google Calendar) untuk menjadwalkan tugas-tugas pada waktu yang tertentu.

2. FOCUS

Mulailah pagi hari tanpa membaca email. Sisihkan waktu tertentu untuk membalas email dan sisanya digunakan tanpa terganggu untuk tugas yang spesifik. Jangan sampai tergoda untuk melakukan berbagai hal sekaligus (multi-tasking) karena riset menyatakan bahwa multi-tasking justru menurunkan keefektifan kamu dalam menyelesaikan tugas. Dan jangan menunda hal-hal yang bisa diselesaikan hari ini sampai besok!

3. REVIEW

Sebelum hari berakhir, gunakanlah 5 - 10 menit untuk mengulas jadwal dan checklist kamu. Jika masih ada yang belum terselesaikan, jadwalkan ulang dalam hari-hari berikutnya supaya kalendar kamu selalu ter-update dengan prioritas yang tepat. Pada akhir minggu, lakukan review yang lebih mendalam supaya minggu yang akan datang, jadwalmu jelas dan terfokus.

BEBERAPA TOOLS YANG DIGUNAKAN OLEH TIM DANA CITA

I. Bullet Journal

Jika kamu adalah penggemar checklist dan kamu juga suka menulis dengan pulpen di atas kertas, Bullet Journal adalah suatu metodologi yang bisa kamu coba. Bullet Journal sudah banyak penggemarnya (termasuk co-founder kami!) dan prinsipnya sangat simpel yaitu Rapid Logging. Yang pernah memakai Microsoft Word pasti tahu apa yang dimaksud dengan bullet. Prinsip Rapid Logging ini memberikan setiap item dalam checklist kamu bullet tersendiri untuk mengkategorikan apakah itu adalah sebuah tugas, event, atau catatan. Bullet Journal tidak terpaku pada tanggal atau waktu yang tertentu sehingga lebih dinamis. Mulailah berjurnal bullet hari ini juga dengan notebook dan pulpen! Simak lebih lanjut di www.bulletjournal.com.

II. One Big Thing

Ide di balik One Big Thing sebetulnya sudah tidak asing lagi namun terkadang otak kita memang lebih mudah mencerna hal-hal yang lebih simpel. Prinsip di balik metodologi ini adalah prioritas dan fokus. Begitu banyak hal yang harus kita selesaikan setiap hari sehingga sekali lirik checklist saja rasanya sudah pesimis. One Big Thing adalah cara yang dapat kamu gunakan untuk mengidentifikasi satu hal paling penting yang harus dicapai hari ini. Meskipun ada app-nya, sebetulnya bisa dilakukan juga dengan cara analog (dengan pulpen dan kertas atau Post-It Note).

III. Pomodoro Technique

Kita semua tahu bahwa fokus adalah hal yang penting untuk mengoptimalkan waktu kerja dan belajar. Untuk memudahkan fokus, Pomodoro Technique menganjurkan 25 menit tanpa terganggu sebagai belahan waktu yang optimal. Untuk membantu kamu menjaga waktu, kamu boleh menggunakan Pomodoro timer untuk setiap tugas selama 25 menit, kemudian dilanjutkan dengan istirahat singkat (5 menit). Setiap 4 Pomodoro, kamu boleh beristirahat lebih panjang (20 - 30 menit). Tentunya belahan waktu bisa kamu ubah sesuai tata kerja kamu, tapi prinsipnya tetap serupa.

Masih banyak tools dan strategi yang bisa kamu gunakan untuk mengatur waktu, namun semoga tiga tools diatas dapat membantu kamu untuk lebih mengoptimalkan waktu!

Ikuti blog selanjutnya untuk tips-tips baru!

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly