Return to site

Productivity Hack #4

Tips for working smarter.

· Tips,Productivity,Blog

PROJECT MANAGEMENT

Setelah mengikuti blog series Productivity Hack kami, pasti kamu sudah belajar bagaimana cara memprioritaskan tugas, mengatur waktu, dan mengambil catatan dengan metode yang paling efektif dan cocok dengan cara belajar dan cara berpikir kamu. Lalu apa langkah selanjutnya? Mungkin tips-tips yang baru kamu pelajari dapat menjadi lebih efektif lagi jika ditambah dengan tools dan apps untuk menyelesaikan tugas atau proyek kelompok maupun pribadi. 

Dalam blog post final di series Productivity Hack ini, kami akan memberikan tips seputar project management apps dan collaboration tools untuk mengoptimalkan produktivitas kamu di bangku kuliah maupun profesional.*

TEAM CHECKLIST... AND MORE

Asana adalah sebuah project management app yang tersedia baik secara online (web app) maupun lewat mobile device. Sudah banyak perusahaan dan tim-tim yang menggunakan Asana untuk berkolaborasi dalam menyelesaikan proyek dan tugas. Asana menggunakan sistem checklist yang memiliki fitur-fitur seperti penugasan item per individu (single assignee), penetapan due date, shared calendar, dan lain-lain. Asana cocok digunakan untuk memonitor penyelesaian tugas bagi kelompok kecil dimana kamu juga bisa meng-upload attachment.

Pro tips: Asana bisa juga digunakan a la Kanban dengan dua view yang tersedia: List view dan Board view. Chatting dengan sesama anggota tim pun bisa dilakukan langsung dalam app.

Seperti Asana, ClickUp adalah sebuah project management app yang tersedia baik secara online (web app) maupun lewat mobile device. Selain sistem checklist, ClickUp juga memiliki fitur-fitur seperti penugasan item (multiple assignee), penetapan due date, shared calendar, dan lain-lain. ClickUp termasuk app yang masih baru sehingga masih banyak fitur yang akan dirilis (features roadmap) jadi patut di-follow jika kamu ingin tahu lebih lanjut!

Pro tips: ClickUp bisa juga digunakan a la Kanban dengan tiga view yang tersedia: List view, Board view dan Box view. Chatting dengan sesama anggota tim pun bisa dilakukan langsung dalam app.

KANBAN STYLE

Apakah kamu pernah dengar konsep Kanban? "Kanban" dalam bahasa Jepang dan Mandarin mempunyai makna papan visual. Salah satu app yang menggunakan prinsip ini adalah Trello, dimana setiap board atau papan dapat diisi dengan berbagai list atau daftar sesuai dengan kebutuhan proyek kamu. Setiap list akan diisi dengan card, atau kartu, dimana kartu tersebut bisa diberikan due date, disertakan attachement atau image dan video, dan bisa ditugaskan kepada assignee. Trello cocok untuk kamu yang suka dengan presentasi visual!

Pro tips: Ingat konsep Eisenhower Matrix dari blog post sebelumnya? Simak video ini untuk menggabungkan konsep tersebut dalam Trello.

Seperti Trello, Meistertask juga menggunakan konsep Kanban. Secara fitur, kedua app ini hampir mirip jadi kamu coba saja sebelum memilih salah satu dari antara mereka!

Pro tips: Meistertask terintegrasi dengan MindMeister, sebuah app online berbayar untuk mind-mapping, sebuah metode note-taking yang mungkin cocok bagi kamu yang sangat visual!

TEAM CHAT AND MESSAGING

Slack adalah salah satu app yang paling banyak digunakan untuk messaging dalam konteks profesional. Dalam Slack, kamu bisa membuat berbagai channel yang ditandai dengan # (hashtag) dimana anggota setiap channel bisa berbeda-beda. Slack juga memungkinkan berbagai attachment dan messaging thread sehingga percakapan bisa terfokus. Slack sangat cocok untuk tim yang bekerja secara remote (tidak di satu lokasi yang sama). Kami dengar dalam waktu dekat Whatsapp Business akan diluncurkan. Tapi untuk sekarang, Slack masih app yang #1 untuk team messaging!

*Semua apps di atas berbentuk free atau freemium. 

Tentunya masih banyak lagi apps berbayar lain yang dapat kamu coba jika seleksi di atas kurang memadai, tapi semoga sekarang kamu lebih ada gambaran mengenai tools dan apps yang tersedia untuk meningkatkan produktivitas kamu!

Sekian blog series Productivity Hack kami yang terdiri dari empat blog post untuk meningkatkan produktivitas kerja kaum pelajar dan profesional muda. Ikuti blog kami untuk tema menarik selanjutnya atau tinggalkan komentar di bawah jika kamu punya ide mengenai tema yang harus kami liputi di blog series ke depan!

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OKSubscriptions powered by Strikingly